Kamis, 10 Mei 2018

Tips Menciptakan Budaya Keselamatan di Tempat Kerja

Hasil gambar untuk Tips Menciptakan Budaya Keselamatan di Tempat Kerja

sepatu safety murah - Budaya keselamatan sebenarnya merujuk pada beberapa cara kalau problem keselamatan dikerjakan ditempat kerja. Ini sering mencerminkan seperti : sikap, kepercayaan, persepsi, dan nilai-nilai yang diberikan karyawan dalam hubungannya dengan keselamatan. Cara problem keselamatan dikerjakan ditempat kerja dan bagaimana perusahaan dapat peroleh manfaat dengan dengarkan dan memajukan pertanyaan dari karyawan mereka sangat penting untuk meningkatkan budaya keselamatan dalam periode panjang.

Ini bukanlah ” jalan saya atau jalan raya ” namun pemahaman dan perjanjian mengenai bagaimana “cara kita melakukan bisnis dengan aman” bekerja untuk keuntungan dengan dari perusahaan dan karyawan.

Defenisi Budaya Keselamatan
Budaya keselamatan yaitu sikap, kepercayaan, persepsi, dan nilai-nilai yang diberikan karyawan dalam hubungannya dengan keselamatan ditempat kerja. Budaya keselamatan yaitu bagian dari budaya organisasi, dan sudah diterangkan oleh frasa ” cara kita melakukan suatu hal disini “. Pepatah lama itu tak akan memotongnya. Karyawan hari ini lebih berpendidikan dan memahami mengenai bisnis dan sosial media hingga mereka dapat lihat lebih luas dari mulanya ” jalan saya atau jalan raya ” mati ketika kehadiran dengan pekerja hari ini. Mereka ketahui kalau itu yaitu hidup mereka yang dipertaruhkan ketika bertugas dan operasi pekerjaan diizinkan untuk dilakukan lewat cara yg tidak aman untuk turunkan biaya produksi dan produksi dengan mengorbankan mereka.

Dapat dipahami kalau perusahaan kecil harus mengatur biaya mereka untuk dikerjakan dengan lokal, domestik dan dalam beberapa masalah, dengan internasional. Perusahaan sudah mengetahui kalau agar bisa berkompetisi, mereka harus mencari cara untuk kurangi biaya bahan baku, persediaan, suku cadang, tenaga kerja, dan tingkatkan volume produksi ke tingkat teratas, berdasar pada penjualan yang diantisipasi. Apa yang sering hilang dari beberapa langkah penghematan biaya ini yaitu berapakah banyak dari ketentuan bisnis ini beresiko jelek pada karyawan mereka, terutama, kesehatan dan keselamatan karyawan mereka.

Studi sudah temukan kalau bencana berkaitan tempat kerja yaitu hasil dari kegagalan dalam melakukan kebijakan dan prosedur organisasi yang diputuskan untuk mengatasi keselamatan, dan kalau rusaknya mengalir dari perhatian yg tidak mencukupi yang dibayarkan ke problem keselamatan oleh manajemen.

Budaya keselamatan yang baik dapat di promosikan oleh prinsip manajemen senior untuk keselamatan, praktek yang realistis untuk mengatasi bahaya, evaluasi organisasi yang berkepanjangan dan perhatian dan kepedulian pada bahaya yang diberikan di semua angkatan kerja. Komisi Kesehatan dan Keselamatan di beberapa dunia meningkatkan salah satu pengertian budaya keselamatan yang paling umum dipakai, yakni :

“Produk dari nilai-nilai individu dan grup, sikap, persepsi, kompetensi, dan alur tingkah laku yang memastikan untuk prinsip, style dan kekuatan dari organisasi manajemen kesehatan dan keselamatan. Organisasi dengan budaya keselamatan positif dicirikan oleh komunikasi yang dibangun berdasar pada keyakinan termasuk persepsi dengan mengenai pentingnya menegakkan budaya keselamatan dan dengan berkeyakinan dalam kemanjuran beberapa langkah mencegah. ”

Rusaknya Budaya Keselamatan
Walau ada beberapa ketidakpastian dan ambiguitas dalam mendeskripsikan budaya keselamatan, tak ada ketidakpastian atas relevansi atau pentingnya rencana itu. Sudah dinyatakan kalau “budaya keselamatan yaitu rencana penting yang membuat lingkungan dimana sikap keamanan individu berkembang dan bertahan dan tingkah laku keselamatan di promosikan. ”

Dengan setiap bencana besar, sumber daya yang cukup besar dialokasikan untuk mengidentifikasi beberapa aspek yang mungkin sudah berperan pada hasil dari acara itu. Pertimbangan yang cukup detil yang disibakkan oleh penyelidikan pada bencana seperti itu sangat bernilai dalam mengidentifikasi beberapa aspek generik yang buat organisasi rawan pada kegagalan.

Dari pertanyaan seperti itu, sebuah alur keluar ; kecelakaan organisasi tidak cuma akibatnya karena kekeliruan seseorang operator/karyawan dengan acak, kegagalan lingkungan atau tehnis saja. Sebaliknya, bencana yaitu hasil dari kegagalan dalam mengaplikasikan kebijakan dan prosedur organisasi yang dibangun untuk mengatasi problem keselamatan dan rusaknya mengalir dari perhatian yg tidak mencukupi yang dibayarkan untuk problem itu, hingga budaya keselamatan jadi rusak.

Tips Membuat Budaya Keselamatan
Tersebut disini beberapa tips dari OSHA untuk menolong Kamu mulai membuat budaya keselamatan yang kuat di organisasi Kamu :

  1. Tetapkan tanggung jawab keselamatan : Kerjakan ini untuk setiap level dalam organisasi Kamu. Ini harus meliputi kebijakan, maksud dan gagasan untuk budaya keselamatan. 
  2. Berikan visi keselamatan Kamu : Setiap orang harus berada di perahu yang sama ketika mengambil keputusan maksud dan tujuan untuk budaya keselamatan mereka. 
  3. Tegakkan akuntabilitas : Buat sistem yang buat kebanyakan orang bertanggungjawab karena terlihat ikut serta terlebih manajer dan supervisor. Mereka yaitu pemimpin untuk perubahan positif. 
  4. Beri beberapa pilihan : Beri beragam pilihan untuk karyawan untuk mengemukakan kecemasan atau problem mereka dengan segera. Harus ada rantai komando untuk meyakinkan supervisor bertanggungjawab untuk jadi responsif. 
  5. Laporkan, laporkan, laporkan : Mendidik karyawan mengenai pentingnya memberikan laporan cedera, pertolongan pertama, dan hampir celaka. Bersiap-siaplah untuk penambahan insiden bila saat ini ada kurang pelaporan. Ini juga akan naik level pada akhirnya. 
  6. Membuat kembali system investigasi : Mengevaluasi system investigasi insiden sangat penting untuk meyakinkan penyelidikan dilakukan lewat cara yang efisien. Ini juga akan menolong menjangkau akar penyebabnya kecelakaan dan insiden. 
  7. Bangun keyakinan : Ketika semua sesuatunya mulai beralih ditempat kerja, penting untuk melindungi agar suasana tetaplah tenang. Membuat keyakinan juga akan menolong kebanyakan orang bekerja bersama untuk lihat penambahan. 
  8. Merayakan keberhasilan : Buat usaha Kamu jadi umum untuk buat kebanyakan orang terpacu dan diperbaharui selama sistem berjalan.

Related Articles

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.