Kamis, 17 Mei 2018

10 Cara Mudah Menciptakan Lingkungan Kerja yang Baik

Ilustrasi lingkungan kerja

sepatu safety murah - Lingkungan kerja bertindak penting dalam keberhasilan sebuah perusahaan. Makin baik lingkungan itu, karyawan juga akan kerasan dan produktif bekerja.

Tidak cuma itu, mereka akan dapat keluarkan potensi terbaiknya. Tidak sebatas untuk upah, namun mereka mengerjakannya untuk perkembangan perusahaan dalam periode panjang.

Janganlah cemas bila saat ini Kamu tidak paham cara membuat lingkungan kerja yang baik di perusahaan Kamu. Yakin atau tidak, langkahnya tidak sesulit yang umumnya orang sangka. Berikut 10 cara yang bisa Kamu kerjakan untuk membuat lingkungan kerja yang baik.

1. Rekrutlah Staf yang Tepat
Beberapa orang yang Kamu rekrut untuk bekerja di perusahaan Kamu juga akan jadi bagian yang berperan pada keadaan lingkungan kerja. Jadi pastikan kalau Kamu merekrut orang yang profesional, dapat bekerja didalam tim ataupun dengan perorangan, dan dapat berperan untuk membuat lingkungan kerja yang kondusif.

Ada peribahasa yang berbunyi “karena nila setitik, rusak susu sebelangga” yang berarti kurang lebih karena ada setitik hal kecil yang jelek, keburukan itu dapat memengaruhi dan mengakibatkan kerusakan semua lingkungan yang besentuhan dengannya.

Oleh karenanya, bila Kamu merasa ada calon karyawan yang memiliki bakat namun memiliki karakter ‘toxic’ atau turunkan produktivitas karyawan yang lain dengan beragam cara, sebisa-bisanya Kamu tidak merekrutnya.

2. Fasilitasi Karyawan untuk Berkolaborasi
Cara ke-3 untuk membuat lingkungan kerja yang baik yaitu dengan memfasilitasi beberapa karyawan untuk bekerjasama dan berdiskusi. Atur meja kerja didalam satu ruangan hingga sama-sama bertemu. Atau bila kantor berupa kubikel-kubikel, siapkan satu space khusus untuk beberapa karyawan berdiskusi dan bekerjasama.

Perusahaan yang baik yaitu perusahaan yang bisa memfasilitasi beberapa karyawannya untuk selalu bekerja bersama dan tidak bekerja sendiri-sendiri. Hubungan kerja diperoleh dengan sama-sama berdiskusi dan sama-sama mensupport pekerjaan keduanya.

Dengan memfasilitasi beberapa karyawan untuk seringkali berhubungan, otomatis Kamu juga akan memiliki karyawan yang lebih memerhatikan hasil pekerjaannya dan senantiasa ingin memiliki karir cemerlang.

3. Kadang-kadang Traktir Karyawan Anda
Setelah merampungkan satu project besar atau saat beberapa karyawan bekerja dengan sangat baik, coba ajak mereka untuk makan dengan. Hal semacam ini adalah salah satu cara yang paling simpel untuk tingkatkan kenikmatan karyawan.

Dengan mentraktir beberapa karyawan, berarti Kamu memberi animo pada kerja hasil mereka. Orang yang merasa diapresiasi setelah itu semakin lebih giat sekali lagi bekerja dan menjaga prestasinya.

Tidaklah perlu jauh-jauh dan rencana khusus, bahkan juga dengan pesan pizza atau makanan delivery yang lain untuk dikonsumsi dengan di kantor pastinya juga akan membuat energi positif di lingkungan kerja.

4. Gunakan Satu Buah Papan Catat di Ruang Kerja
Apakah di ruangan tempat beberapa karyawan bekerja ada sebuah papan catat besar? Bila tidak, Kamu dapat mulai sediakan papan catat jadi salah satu cara untuk mendukung lingkungan kerja yang produktif.

Pakai spidol yang mudah dihapus untuk menuliskan beragam daftar pekerjaan yang perlu dilakukan dalam satu periode tertentu, hingga setiap beberapa karyawan melalui papan catat, mereka juga akan senantiasa tersadarkan pekerjaan-pekerjaan apa sajakah yang belum juga dikerjakan.

Menempatkan papan catat dapat juga melindungi ketertarikan beberapa karyawan merampungkan pekerjaannya sebelumnya batas tenggat waktu selesai.

5. Pastikan Lampu Kantor Terang
Meskipun terlihat sepele, namun dengan pencahayaan yang baik, Kamu dapat membuat lingkungan kerja yang kondusif dan positif. Pencahayaan yang jelek juga akan mengakibatkan mata lebih cepat capek, penglihatan yang kurang terang, sampai sakit kepala yang bisa turunkan perform karyawan yang bekerja di perusahaan Kamu.

6. Dekorasi Kantor dengan Menarik

Di masa info ini, tidak jaman sekali lagi kantor hanya berupa kubikel-kubikel yang kaku. Beberapa perusahaan seperti Bukalapak dan Google bahkan juga memiliki ruangan bermain untuk beberapa karyawannya, juga dekorasi ruangan yang buat beberapa karyawan tidak merasa tengah berada di kantor.

Begitu, ketika jemu menempa, beberapa karyawan sesaat dapat beri kesegaran fikiran segera di kantor. Otak manusia juga sebenarnya tidak di desain untuk terus-terusan bekerja. Sekurang-kurangnya setelah bekerja 2 jam, otak memerlukan konsumsi udara fresh atau relaksasi sesaat agar bisa berkonsentrasi kembali. Bila tidak, yang ada produktivitas jadi alami penurunan.

Oleh karenanya, awalilah perhatikan suasana tempat beberapa karyawan bekerja. Apakah cahaya matahari dapat masuk ke ruangan kerja? Apakah furniture yang nyaman telah ada? Bila tidak, coba untuk melakukan sedikit perbaikan untuk lingkungan kerja yang lebih baik.

7. Personalisasi Meja Kerja
Untuk setiap karyawan yang bekerja bersama dengan Kamu, coba untuk memberi peluang untuk beberapa karyawan untuk menata sendiri tempat kerjanya sesuai sama yang mereka kehendaki.

Setiap orang pastinya memiliki preferensi lingkungan kerja semasing. Ada yang nyaman dengan beragam tumpukan kertas dan dokumen, ada juga yg tidak tahan bila ada barang berantakan sedikit saja.

Dari pada menyeragamkan dekorasi meja masing-masing karyawan, lepaskan mereka untuk mengaturnya sesuai sama hasrat mereka, seandainya masih tetap sesuai sama beberapa batasan lumrah.

8. Beri Peluang untuk Bergerak
Karyawan Kamu bukanlah robot yang bisa terus-menerus duduk di belakang meja kerja dan tanpa ada jeda fokus diri pada pekerjaannya. Jangan sampai membiarkan beberapa karyawan merasa Kamu terlalu mengekang mereka untuk duduk di meja kerja.

Duduk di meja kerja kurun waktu lama juga terkadang dapat buat jemu, dan beberapa karyawan perlu sedikit bergerak untuk melemaskan otot dan fikirannya. Dari beberapa masalah yang telah ada pun, karyawan yang lebih bebas bergerak juga lebih banyak memperoleh udara fresh, yang lalu memengaruhi pada pemikiran dan kemampuan yang lebih baik.

9. Jumpai Beberapa Karyawan Dengan Langsung
Di masa info yang telah cukup mutakhir, rapat dapat dilakukan dengan on-line melalui media apapun. Makin jarang beberapa atasan berjumpa segera tatap muka dengan beberapa karyawannya dengan alasan aktivitas dan yang lain.

Walau sebenarnya, dengan seringkali melakukan pertemuan tatap muka dengan karyawan, Kamu dapat memperoleh masukan segera dari mereka. Berlainan dengan pesan singkat atau surat elektrinik yang terkadang tidak berbentuk personal.

Dasarnya, lebih banyaklah berhubungan dengan beberapa karyawan Kamu. Dengarkan mereka dan Kamu pun juga akan terperanjat dengan beragam hal yang akan tidak Kamu kenali dengan mengobrol dengan on-line.

10. Perbaiki Cara Berikan Instruksi
Saat Kamu inginkan karyawan Kamu untuk melakukan suatu hal, janganlah katakan ‘Kamu harus…”. Lebih baik Kamu memakai frasa “Mari bersama.. ”, hingga karyawan juga akan merasa tidak sendiri dalam mengatasi masalah perusahaan.

Terdengar cukup sepele, namun sangat efisien untuk buat lingkungan kerja tambah nyaman. Hal semacam ini lebih berpengaruh pada mindset beberapa karyawan, hingga hasil pekerjaan pun dapat lebih baik.

Sekianlah 10 cara membuat lingkungan kerja yang baik. Sebuah pepatah menyebutkan kalau direktur paling baik yaitu ia yang bisa membuat lingkungan bekerja paling baik, dan mendorong beberapa karyawannya selalu untuk produktif bekerja.

Related Articles

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.