Rabu, 09 Agustus 2017

Langkah Sederhana Membuat Powerbank Sendiri

Membuat Powerbank Sendiri

Powerbank jadi salah satu fasilitas untuk hp dan gadget kamu untuk memperoleh supply energi tambahan selain datang dari charger. Prinsip pemakaiannya sama juga dengan charger handphone biasanya. Powerbank yang di jual dipasaran memiliki bermacam kemampuan dan kwalitas. Makin besar kemampuannya makin mahal juga harga dari power bank ini. Bila kamu yaitu seseorang yang memiliki mobilitas yang tinggi, sebaiknya kamu memakai power bank agar setiap saat kamu dapat isi kembali daya baterai smartphone kamu kembali maksimum.

Tetapi demikian, menjamurnya power bank ini menyulut banyak powerbank abal-abal atau palsu yang di jual di market. Dengan iming-iming harga terjangkau, powerbank itu di jual dengan harga yang jauh dari harga market. Dari pada kamu menggunakan uang banyak dengan product power bank aba-abal yang banyak di jual di toko on-line dan beberapa toko yang lain, lebih baik buat sendiri power bank kamu dengan cara membuat power bank dari charger hp memakai baterai sisa. Hal semacam ini pastinya lebih murah dan akan menaikkan pikiran dan kreativitas kamu.

Bila kamu tertarik untuk membuatnya, maka sediakanlah beberapa alat-alat berikut ini :

  • Tang
  • Solder dan Timah
  • Glue Gun (Lem Tembak)
  • Obeng
  • Baterai rechargeable
  • Box untuk casing powerbank
  • Tempat baterai
  • Saklar
  • Terminal Kabel
  • Carport charger (charger mobil) Skema Powerbank
cara membuat power bank kapasitas besar :

  1. Bongkarlah charger mobil handphone dan ambillah rangkaian di dalamnya. Rangkaian PCB ini nanti akan jadi penurun tegangan (Trafo Step Down) untuk penerus dan konversi daya DC ke DC.
  2. Gunakan rangkaian PCB itu kedalam box atau casing power bank memakai Glue Gun.
  3. Setelah itu sistem wiring dilakukan untuk memperoleh hasil rangkaian yang sesuai sama skema.
  4. Sambungkan kabel-kabel itu sesuai sama instruksi : Kabel biru (+) dengan kabel merah (-). Setelah itu kabel kuning dengan label hitam.
  5. Pasangkan juga saklar pemutus arus di kabel merah barusan. Hal semacam ini akan jadi akses untuk mematikan dan menyalakan powerbank.
  6. Kerjakan pengujian memakai hp kamu. Sambungkan rangkaian dengan power suplai DC 10V dan hp kamu. Pastikan tanda baterai pada hp tunjukkan pengisisn. Bila tidak dapat kamu check sekali lagi rangkaian yang telah terpasang.
  7. Bila tanda baterai menyala, maka rangkaian awal power bank telah berhasil di buat.
  8. Ubahlah power suplai 10V barusan dengan baterai rechargeable yang suidah disediakan dimuka. Baterai yang dipakai dapat bermacam. Kamu dapat memakai lebih banyak baterai untuk tingkatkan kemampuan power bank itu, tetapi harus memperhitungkan dimensi dari casing yang di buat nanti. Aturlah sama dengan sistem pengaturan power suplai. Kabel (+) ke rangkaian kabel merah. Dan kabel (-) untuk rangkaian kabel hitam.
  9. Tarik kabel itu menuju terminal kabel yang terdapat di belakang baterai. Nanti kabel ini akan berperan untuk isi baterai pada power bank itu.
Mudah bukan? Langkah tersebut pastinya bergantung dengan tingkat kecermatan dan kerapihan kamu sendiri dalam merangkai kabel dan rangkaian power bank. Pastinya harga yang perlu di keluarkan dalam sistem pembuatan power bank ini tambah lebih murah dari pada harus beli powerbank berkwalitas baru yang menjangkau beberapa ratus ribu rupiah bahkan juga sampai juta-an rupiah.

Kamu dapat mengkreasikan bentuk casing power bank kamu sendiri sesuai sama kegemaran dan hal favorite kamu sendiri. Tersebut sebagai hal yang mengasyikkan dalam sistem pembuatan powerbank ini. Pastinya handphone kamu akan tidak sekali lagi kehabisan daya baterai karena lupa mengecharge handphone.

Related Articles

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.