Rabu, 15 April 2020

10 Alat Keselamatan Kerja serta Manfaatnya



1. Helm Keselamatan

Helm keselamatan atau safety helmetini berperan membuat perlindungan kepala dari bentrokan, pukulan, atau keruntuhan benda tajam serta berat yang melayang-layang atau melaju di udara jual sepatu safety bisa menjadi solusi untuk kamu.

2. Sabuk serta tali Keselamatan

Sabuk keselamatan atau safety beltini berperan untuk batasi gerak pekerja supaya tidak terjatuh atau lepas dari tempat yang diharapkan. Beberapa pekerjaan mewajibkan pekerja untuk ada pada tempat yang cukup beresiko sama dengan tempat miring, bergantung atau masuk rongga sempit. Sabuk keselamatan ini terbagi dalam harness, lanyard,  safety rope, serta sabuk yang lain yang dipakai bertepatan dengan beberapa alat yang lain seperti karabiner, rope clamp, decender, dan sebagainya.

3. Sepatu Boot

Sepatu boot ini berperan membuat perlindungan kaki dari bentrokan atau terkena benda berat, tertusuk benda tajam, terserang cairan dingin atau panas, uap panas, bahan kimia beresiko atau permukaan licin. Perbedaannya dengan safety shoes biasanya ialah perlindungan yang lebih optimal sebab modelnya yang tinggi serta membuat perlindungan sampai ke betis serta tulang kering.

4. Sepatu Pelindung

Sepatu pelindung ini berperan membuat perlindungan kaki dari bentrokan atau terkena benda berat, tertusuk benda tajam, terserang cairan dingin atau panas, uap panas, bahan kimia beresiko atau permukaan licin. Kecuali peranan di atas, sepatu safetyberkualitas mempunyai tingkat keawetan yang baik hingga dapat dipakai dalam periode waktu yang panjang. Beberapa sepatu pelindung atau safety shoes ada sesuai keperluan. Ada yang antislip, antipanas, anti-bahan kimia, anti-listrik, dan lain-lain. Melihat beberapa peranan safety shoes di sini!

5. Masker

Masker pernapasan ini berperan membuat perlindungan organ pernapasan dengan memfilter vemaran bahan kimia, mikro-organisme, partikel debu, aerosol, uap, asap, atau gas. Hingga udara yang dihirup masuk ke pada tubuh ialah udara yang sehat dan bersih. Masker ini terbagi dalam beberapa tipe, seperti respirator, katrit, kanister, tangki selam serta regulator, serta alat pembantu pernapasan.

6.Penutup telinga

Penutup telinga ini dapat terbagi dalam sumbat telinga (ear socket) atau penutup telinga (ear muff), yang berperan membuat perlindungan telinga dari keributan atau desakan.

7. Kacamata Pengaman

Kacamata pengaman ini dipakai untuk alat pelindung yang berperan membuat perlindungan mata dari paparan partikel yang melayang-layang di udara atau di air, percikan benda kecil, benda panas, atau uap panas. Disamping itu kacamata pengaman berperan untuk menghambat pancaran sinar langsung ke mata, bentrokan dan pukulan benda keras serta tajam. Tipe kacamata pengaman ini dapat berbentuk spectaclesatau googgles.

8. Sarung Tangan

Sarung tangan ini berperan membuat perlindungan jari-jari tangan dari api, temperatur panas, temperatur dingin, radiasi, arus listrik, bahan kimia, bentrokan, pukulan, tergesek benda tajam atau infeksi dari zat bakteri seperti virus serta bakteri. Sarung tangan ini dibuat bermaterial yang bermacam-macam, bergantung dari keperluan. Ada yang dibuat dari logam, kulit, kanvas, kain, karet serta sarung tangan yang tahan pada bahan kimia.

9. Pelindung Muka

Pelindung muka atau face shield ini adalah alat pelindung yang berperan membuat perlindungan muka dari paparan bahan kimia beresiko, partikel yang melayang-layang di udara atau air, percikan benda kecil, panas atau uap panas, bentrokan atau pukulan benda keras atau tajam, dan pancaran sinar. Terbagi dalam tameng muka atau face shield, masker selam, atau full face masker.

10. Pelampung

Pelampung ini dipakai oleh pekerja yang kerja di atas air atau di permukaan air supaya terlepas dari bahaya terbenam

Related Articles

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.