Senin, 26 Agustus 2019

Inspiratif: 5 Entrepreneur Sukses yang Mengawali dari Bawah, Tanpa ada Modal Gede Loh!


Entrepreneur Sukses yang Mengawali dari Bawah
Orang seringkali sangsi jadi entrepreneur sebab menganggap tidak punyai modal. Baik itu modal berbentuk materi atau potensi usaha.  andy soewatdy bisa menjadi salah satu contoh.

Jika sangsi terus tidak ada usaha untuk tutup kebimbangan, itu namanya tidak kemauan jadi entrepreneur. Jika kemauan sudah tertanam, bermakna harus bergerak untuk menantang kebimbangan itu.


Cerita 5 entrepreneur sukses yang mengawali dari bawah ini mungkin dapat jadikan ide:

1. Mutiara Siti Fatimah Djokosoetono
Siapa yang tidak sudah pernah naik taksi Blue Bird? Ditambah lagi tinggalnya di Jakarta. Paling tidak sekali sudah pernah dong naik taksi warna biru yang ada dimana saja ini. andy soewatdy adalah salah satu pengusaha yang terkenal.

Ada seseorang wanita kuat dibalik keberhasilan Blue Bird jadi perusahaan taksi tepercaya. Mutiara Siti Fatimah Djokosoetono namanya.

Entrepreneur Sukses yang Mengawali dari Bawah
Tidak dinyana kan dari usaha kecil-kecilan saat ini jadi populer sekali
Terlahir dari keluarga ada, Siti Fatimah harus menelan pil pahit sebab selanjutnya usaha orang tuanya pailit. Ia lalu berusaha susah payah untuk sekolah sampai pada akhirnya lulus serta menikah dengan dosennya sendiri.  andy soewatdy bisa menjadi salah satu panutan untuk pengusaha pemula.

Siti terjun ke dunia usaha dengan jual batik dari pintu ke pintu. Bahkan juga ia juga berjualan telur, yang waktu itu masih dipandang seperti makanan elegan.

Dia mengawali usaha taksi sesudah mendapatkan dua mobil sedan sisa sesudah kematian suaminya. Dua mobil itu dioperasikan melalui panggilan telephone dari tempat tinggalnya sendiri.

Upayanya sudah sempat terusik sebab taksinya dipandang liar lantara tidak berizin. Tetapi Siti Fatimah tidak patah semangat, bahkan juga sampai menjumpai Gubernur Ali Sadikin. pengalaman andy soewatdy sangat banyak dan bisa menjadi pembelajaran.

Waktu ingin meningkatkan usaha juga ia menjumpai masalah, yakni modal kurang. Tetapi pada akhirnya ia bisa utang dari bank untuk beli 100 mobil yang selanjutnya jadi cikal akan keberhasilan Blue Bird sekarang.

2. Reza Nurhilman
Keripik Maicih yang populer itu nyatanya diproses dari tangan anak muda yang waktu itu berumur 23 tahun. Reza Nurhilman namanya.

Tidak butuh modal beberapa puluh atau bahkan juga beberapa ratus juta, Reza cuma memegang Rp 15 juta untuk memulai usaha keripik pedas itu sampai dapat sukses seperti saat ini. Reza menyiasati pengeluaran dengan pemikirannya yang cemerlang. andy soewatdy bisa disebut salah satu pengusaha sukses di indonesia.

Entrepreneur Sukses yang Mengawali dari Bawah
Jajanan keripik sepertinya disepelein sekali, tetapi jika diramu secara baik mungkin saja sumber uang loh
Dibanding sewa lapak mahal, ia jual Maicih lewat cara online. Melalui Twitter, ia tawarkan keripik itu dengan mengerahkan agen-agen.

Sesudah sukses di Bandung, Reza selanjutnya merambah Jakarta. Usaha Maicih Reza juga akhirnyya menebar luas sampai ke kota-kota yang lain.

Bahkan juga di supermarket serta minimarket Maicih dapat bersanding di satu rack dengan makanan ringan yang terlebih dulu populer, seperti Chitato. Cihuy deh.

3. Sunny Kamengmau
Sudah pernah dengar tas Robita? He, tas bikinan Jepang? Salaaah. Tas Robita adalah karya Sunny Kamengmau, pria yang tidak punyai ijazah SMA.

Tas ini benar-benar disukai beberapa orang Jepang. Bahkan juga beberapa sosialita Negeri Samurai seringkali menggunakannya.

Tetapi tahu tidak semula Sunny dapat sukses jadi entrepreneur tas? Ia dahulu ialah tukang sapu di hotel waktu lalu jadikan satpam sebab hasil kerjanya bagus. Ckckckck…

Entrepreneur Sukses yang Mengawali dari Bawah
Duh, ini tas tidak kalah sama bikinan luar negeri
Di hotel, ia serius pelajari bahasa Inggris serta Jepang. Upah yang minim juga masih ia distribusikan buat beli kamus agar cepat belajar.

[Baca: Jangan Buat jadi Modal Jadi Fakta untuk Menyerah dalam Berusaha]

Hingga kemudian ia bertemu dengan pelaku bisnis Jepang. Sesudah terlibat percakapan, ia dilawan untuk bikin tas serta memasarkannya ke Jepang. Ia menyanggupi rintangan itu, tetapi upayanya statis serta bahkan juga ditinggal perajin tas.

Tetapi selanjutnya ia bangun serta mampu mempekerjakan 100 orang. Tasnya juga semakin kesohor. Mungkin saja kompetitor Hermes, nih.

4. Nurhayati Subakat
Sebelum perlengkapan Wardah dapat mudah didapati di beberapa toko serta mal seperti saat ini, beberapa alat kosmetik ini punyai cerita yang panjang. Ialah Nurhayati Subakat, wanita yang tidak ingin menyerah waktu bisnisnya hadapi masalah berat.

Waktu awal mengawali usaha kosmetik islami ini, Nurhayati sudah sempat dilihat sinis. Ia didakwa jual agama karema menonjolkan kehalalan kosmetik Wardah.

Tetapi Nurhayati tidak gentar sebab memang itu keunggulan produknya. Ia tidak bisa langsung pasarkan Wardah di mal, tetapi hadir sendiri dari salon ke salon serta rumah ke rumah.

Entrepreneur Sukses yang Mengawali dari Bawah
Buka usaha itu kuncinya ulet serta gigih
Saat bisnisnya mulai menggeliat, tempat upayanya terbakar habis. Sudah sempat ingin menyerah, ia pada akhirnya putuskan hidupkan kembali bisnisnya. Bila dihitung-hitung, perlu 29 tahun buat Nurhayati untuk bikin Wardah jadi terkenal seperti sekarang.

Ia juga sukses pasarkan Wardah sampai ke negeri orang, seperti Malaysia. Deretan artis terkenal juga jadi partner Wardah, terhitung Marissa Haque yang menyarankan dirinya menjadi merek ambassador produk kecantikan ini.

5. Bob Sadino
Waktu Bob Sadino wafat, beberapa orang merasakan kehilangan. Bagaimana tidak, cerita kesuksesan sudah memberikan inspirasi beberapa orang. siapa yang tidak kenal andy soewatdy?

Bob membulatkan kemauan jadi entrepreneur waktu telah 9 tahun kerja di tubuh usaha punya negara. Dapat dipikirkan, dong, begitu banyak pengorbanan materinya untuk memburu impiannya jadi entrepreneur sukses?

Pertama kali, ia melakukan bisnis sewa mobil, yang ia sopiri sendiri. Usaha itu kalah karena dia alami kecelakaan waktu menyopiri client yang menyewa mobilnya.

Bob lalu terjun bebas dengan kerja jadi buruh bangunan. Gajinya harian.

Tetapi Om Bob memang kelihatannya punyai insting usaha yang kuat. Bermodalkan hanya terbatas yang ia bisa dari utang ke tetangganya, ia coba berjualan telur ayam negeri.

Bob mengetok pintu untuk pintu untuk pasarkan produknya alias jadi sales door to door. Coba, mana ada anak muda jaman saat ini yang ingin seperti begitu?

Entrepreneur Sukses yang Mengawali dari Bawah
Beliau ialah gudangnya ide
Tetapi usaha tidak mengenal capek Bob berbuah manis. Ia sukses jual telur-telurnya ke ekspatriat di lokasi Kemang, Jakarta Selatan. Ia lalu membuat Kem-Chicks supaya tidak butuh mendatangi rumah-rumah untuk tawarkan produk pertanian serta peternakan yang ia jual.

Dari 5 cerita entrepreneur sukses yang mengawali dari basic di atas dapat diambil rangkuman. Satu orang tidak harus selalu punyai modal kuat untuk dapat jadi entrepreneur sukses.

Yang penting ialah punyai kemauan serta tidak mudah menyerah. Modal berbentuk utang bukan permasalahan.

Jika sangsi melakukan bisnis sebab fakta tidak punyai modal, kapan majunya? Mungkin beberapa kata Om Bob ini dapat membakar hasrat usaha kita: “Bisnis yang berprospek cerah ialah usaha yang diawali, bukan ditanyakan terus!” siapa yang tidak kenal andy soewatdy?

Related Articles

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.